Danone Specialized Nutrition Indonesia Luncurkan Laporan Keberlanjutan (1)

Danone Specialized Nutrition Indonesia Luncurkan Laporan Keberlanjutan

February 16, 2020

Beberapa hari lalu aku berkesempatan untuk mengunjungi salah satu pabrik Danone di Sentul. Berasa flashback nih ke momen 10 tahun lalu, berkunjung dari pabrik ke pabrik untuk meeting tentang ISO, HSE, dll.

Siapa sih yang gak tau Danone? Pastinya hampir semua tahu dong perusahaan makanan dan minuman terkemuka yang tersebar di 160 negara. Nah Danone ini berfokus membangun bisnisnya di lini usaha Specialized Nutrition, Essential Dairy and Plant-Based, dan Air.

Asli deh begitu dapat undangan untuk berkunjung ke pabriknya untuk menghadiri pelucuran Sustainability Report Danone Specialized Nutrition Indonesia (Danone SN Indonesia) gak pakai mikir lama langsung setuju dan bersemangat. Bakalan dapat ilmu baru yang bermanfaat pastinya dan tentunya memenuhi rasa penasaran yang tinggi bagaimana sih ‘dalamannya’ Danone.

Kesan pertama ketika sampai di depan pabriknya kereeeen banget, ternyata perkembangan pabrik jaman now luar biasa. Semakin keren dengan keamanan dan kebersihan. Jaman dulu nih masuk ke suatu pabrik hanya menitipkan kartu tanda pengenal. Di pabrik Danone selain menitipkan ktp juga harus mengisi formulir dan foto di mesin yang tersedia. Tidak boleh membawa makanan dan minuman yang mengandung kacang-kacangan juga loh.

 

Sekilas info dulu ya teman-teman tentang Danone Specialized Nutrition (Danone SN) di Indonesia. Danone SN Indonesia adalah bisnis yang terdiri dari nutrisi awal kehidupan dan nutrisi medis khusus. Fokus dari bisnis ini adalah nutrisi berbasis riset dan sains yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi kesehatan melalui makananan dan minuman.

Danone SN Indonesia terdiri dari 4 perusahaan yaitu PT. Sarihusada Generasi Maju, PT. Nutricia Indonesia Sejahtera, PT. Sugizindo, dan PT. Nutricia Medical Nutrition. Ada yang bisa menyebutkan merk dagang dari perusahaan yang sudah kusebutkan diatas? 😉

Maria Dian Nurani, Ahli dalam Bidang Keberlanjutan mengatakan bahwa Sustainability Report atau Laporan Berkelanjutan mengenai Kinerja Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola yang baik.  Laporan ini merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh perusahaan dalam hal ini Danone SN Indonesia untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan.

Periode Laporan Berkelanjutan ini dimulai dari tanggal 1 Januari hingga 31 Desember 2018. Hal ini dilakukan Danone SN Indonesia sebagai komitmen transparansi untuk mempertanggungjawabkan keberlangsungan bisnis serta dampak sosialnya terhadap perusahaan.

Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition menyatakan bahwa Danone memiliki misi One Planet, One Health. Sesuatu yang diambil dari bumi, harus dikembalikan ke bumi. Tubuh yang sehat membutuhkan makanan yang bergizi dan makanan yang bergizi harus berasal dari planet yang sehat pula.

 

10 Komitmen Danone Specialize Nutrition di Indonesia

 

Karyanto Wibowo, Sustanability Director Danone Indonesia mengatakan bahwa dalam Laporan Keberlanjutan ini mencakup 6 pilar utama antara lain :

#1 Riset dan Inovasi

Danone menerapkan perbaikan berkelanjutan berdasarkan pada sains, teknologi dan keahlian lokal untuk Indonesia yang lebih sehat.
Salah satu contoh perkembangan dalam hal pengemasan produk adalah bahan kemasan yang dapat didaur ulang 100%. Keren banget ya teman- teman.

#2 Lingkungan

Delta Deritawan, Manufacturing Director Danone Specialized Nutrition Indonesia mengatakan bahwa Danone SN Indonesia yang memiliki visi One Planet, One Health memastikan kepedulian lingkungan dan kontribusi terhadap masyarakat. Danone SN Indonesia terus berupaya menurunkan limbah, hingga saat ini 100% produk reject telah berhasil digunakan sebagai pakan ternak.  Tentunya Danone SN Indonesia terus berupaya menurunkan angka rejectnya. Selain itu Danone SN Indonesia mengajak team untuk mempraktekkan environment bukan hanya di pabrik tapi juga di lingkungan rumah.

#3 Kepatuhan 

Danone SN Indonesia menerapkan Zero-Tolerance terhadap penyuapan dan korupsi. 

#4 Kualitas 

Untuk memastikan kualitas nutrisi yang baik, Danone SN Indonesia memberikan pedoman standar kepada pemasok dan selalu melakukan kontrol kualitas.

#5 Karyawan

Selain memberikan pelatihan dan seminar, satu yang paling aku ingat dan sangat berkesan adalah Danone SN Indonesia memberikan cuti selama 6 bulan bagi karyawan wanita yang melahirkan dan 10 hari bagi karyawan pria yang istrinya melahirkan. Wowwww banget ya.

#6 Pemberdayaan Komunitas

Nah kalau ini aku sudah merasakan sendiri nih betapa Danone SN Indonesia sangat mendukung permberdayaan dalam hal edukasi terhadap gizi dll.

Danone SN Indonesia berfokus pada 5 kegiatan socioeconomic empowerment yaitu Kesehatan dan Nutrisi, Pendidikan Usia Dini, Pengembangan Ekonomi Lokal, Pemberdayaan Wanita, serta Bencana dan Kebutuhan Khusus.Beberapa kegiatan yang pernah aku dengar antara lain Proyek Merapi, Rumah Tempe, Warung Anak Sehat, Rumah Srikandi, Rumah Bunda Sehat, dll.

Tarian ISI PIRINGKU Paud Cerdas
Tarian Isi Piringku di Paud Cerdas binaan Danone SN Indonesia

 

Ohya sebelum factory visit aku juga berkesempatan untuk berkunjung ke PAUD Cerdas, PAUD binaan Danone. Salah satu sustainability report yang berhubungan dengan komunitas. Wah bagus dan keren banget deh Paudnya. PAUD Cerdas ini didirikan pada tahun 2012, awalnya di rentang waktu 2012-2015 Danone SN Indonesia menyediakan rumah fasilitas di sekitar lahan pabrik. Tiap 2 bulan sekali karyawan Danone akan mengajar di PAUD Cerdas.

PAUD Cerdas ini terdiri dari 2 lantai, sekeliling dindingnya banyak sekali gambar dengan info yang menarik tentang gizi, isi piringku, kebersihan, dll. Anak-anak juga diberikan makanan dengan gizi seimbang berdasarkan program Isi Piringku.

Selain itu Danone SN Indonesia yang bermitra dengan Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB). mengatakan bahwa program edukasi nutrisi yang dilakukan oleh Danone SN Indonesia yang merupakan program berkelanjutan dalam upaya peningkatan gizi, kondisi kesehatan dan pemenuhan nutrisi masyarakat.

Salah satu program yang diusung dan sudah dilakukan di PAUD Cerdas adalah program ‘Isi Piringku’ yang bertujuan untuk mengedukasi orang tua, anak-anak dan pengajar. Bersama Danone SN Indonesia turut mengembangkan panduan gizi seimbang yang mencakup ketuhan gizi anak serta pentingnya perilaku hidup bersih sehat.

Teman-teman sudah tahu kan program Isi Piringku? program yang bertujuan untuk mencegah stunting di Indonesia. Berdasarkan penelitian 1 dari 4 anak minum di bawah batas yang direkomendasikan. Hanya 1 dari 10 anak yang mengkonsumsi buah dan sayur.

Contoh Isi Piringku

Program ini bertujuan untuk mengedukasi dengan memberikan panduan dan informasi seputar gizi seimbang tentang makanan pokok, protein hewani dan hayati, buah dan sayuran, ditambah menu bergizi dan terjangkau yang direkomendasikan untuk orang tua dan anak-anak.

Lucu deh saat melihat anak-anak bernyanyi dan menari tarian Isi Piringku. Diharapkan anak-anak dapat  selalu mengingat betapa pentingnya gizi yang seimbang untuk mencegah stunting. Danone SN Indonesia berkomitmen untuk menerbitkan laporan keberlanjutan setiap 2 tahun sekali. Semoga semakin banyak perusahaan di Indonesia yang memiliki misi keberlanjutan yang semakin baik.

Ohya teman-teman dapat mengunduh atau melihat informasi lengkap tentang Laporan Berkelanjutan Danone Speciaized Nutrition Indonesia di sini :

https://www.sarihusada.co.id/Tentang-Kami

https://nutricia.co.id/no_cache/id/tentang-kami/

 

 

 

 

 

2 Comments

  • Indrifairy

    February 18, 2020 at 8:54 am

    Komitmen Danone untuk mewujdkan One Planet One Health memang dibuktikan dengan sungguh-sungguh apalagi melihat transparansi dari laporan keberlanjutannya kemarin, saya semakin kagum

  • ridwan

    February 18, 2020 at 6:24 pm

    menarik laporan berkelanjutannya Danone.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post